Senin, 09 Agustus 2010

Pentingnya Menjaga Lingkungan

Pentingnya Menjaga Lingkungan

Lingkungan adalah bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan manusia. Manusia tak kan ada tanpa lingkungan. Namun, kini keserakahan manusia membuat kerusakan lingkungan tak terelakkan. Kearifan kita diperlukan untuk melestarikan lingkungan.

Kondisi lingkungan khususnya kawasan hutan saat ini semakin kritis. Hutan yang berperan penting bagi kelangsungan kehidupan kini semakin sempit dan banyak yang beralih fungsi menjadi peruntukan lain, sepertii perkebunan dan perumahan.

Waktu adalah uang.

Menfaatkanlah waktumu dengan berbagai kegiatan yang bermanfaat. Jika waktumu terbuang sia-sia, itu berarti sama dengan membuang-buang uang. Jangan hanya bersekolah, penuhilah waktumu dengan kegiatan ekstrakulikuler yang bermanfaat.

Penggundulan hutan juga akan memicu lebih banyak konflik, perubahan iklim lebih buruk dan makin berkurangnya kemakmuran bagi semua orang.

Kondisi ini tentunya harus menjadi perhatian serius bagi kita. Karena itu untuk hasil jangka panjang, kiranya sejak dini kita harus memberi pemahaman akan pantingnya menanam pohon bagi kelangsungan hidup kita dan anak cucu kita.

Menurut Menteri Kehutanan (Menhut) penebangan hutan Indonesia tercatat paling cepat di dunia sekitar 6 kali lapangan bola tiap menitnya. Kondisi ini amat tragis, kita perkirakan 10 tahun kedepan separuh kawasan hutan yang ada saat ini akan hilang. Itu berdampak langsung bagi kelangsungan kehidupan manusia.

Atas dasar ini, Menteri Kehutanan sebagai lembaga yang fokus pada penyadaran masyarakat terhadap lingkungan hidup.

Karenanya, penanaman harus dilakukan terus menerus, pohon akan dirawat dan hanya boleh ditebang pada umur pohon yang tepat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar