Sabtu, 12 November 2011

Dihargai Orang Lain

Tips
agar kita lebih dihargai orang lain
Ada banyak cara. Supaya orang lain menghargai kita,

1.Menghargai orang lain dan diri sendiri

Pertama kita harus bisa menghargai orang lain dan diri sendiri dulu.Bagaimana kita memandang diri kita akan sangat berpengaruh terhadap pandangan orang lain terhadap kita. Jika kita pendiam, malas berinteraksi atau sekadar bertegur sapa dengan rekan-rekan. Wajar saja kalau mereka kurang/tidak menghargai kita.


2.Menyapa orang disekitar kita

Membiasakan diri menyapa orang-orang disekitar kita(tentu tidak semua orang ya, yang paling sering bertemu kita saja). Sekedar mengucap selamat pagi atau bertanya kabar bisa menjadi pembuka.


3.Mempertajam telinga

Dengan mempertajam telinga kita. Maksudnya dengan mendengar kabar-kabar terbaru dari lingkungan sekitar kita bekerja/tinggal. Agar tidak ketinggalan berita. Jadi kita tahu ada rekan yang berulang tahun, misalnya.


4. Menjaga diri kita sendiri

Kemudian, agar apa yang kita lakukan berkesan dimata mereka adalah dengan menjadi diri kita sendiri. Jangan berusaha merubah diri kita agar orang terkesan dengan kita tetapi lakukan apa biasa kita lakukan dengan sepenuh hati. Berusahalah juga untuk tulus tanpa mengharap apapun (berarti ikhlas menjalankannya).


5.Berpenampilan rapi

Penampilan fisik memang tak selalu menjadi jaminan bahwa seseorang akan disukai, tetapi umumnya orang yang bersih dan rapi banyak disukai.Bagaimanapun, kemasan penampilan fisik merupakan nilai estetis yang bisa mendukung kesan pertama seseorang di mata orang lain. Memang banyak sih orang yang kelihatannya cuek dengan tampilan fisiknya, ternyata menyenangkan diajak ngobrol dan perhatian. Orang-orang yang seperti ini biasanya dianggap memiliki keunikan tertentu, sehingga asyik diajak bergaul.
Kita tidak perlu berlebihan atau memaksakan diri untuk mendapat kesan yang baik. Kesederhanaan, kebersihan dan kerapian penampilan pasti disukai meskipun tidak se-keren selebritis. Tampil bersih dapat mencerminkan kebersihan diri dan pribadi seseorang.


6.Menunjukkan sikap yang ramah dan pribadi yang disiplin.

Menunjukkan sikap yang ramah dan pribadi yang disiplin. Senyuman yang tulus merupakan simbol keramahan hati seseorang. Senyum bisa membuat orang lain tergugah dan nyaman karena senyum bisa menawarkan pertemanan yang hangat. Benar sekali kalau senyum itu sedekah karena bisa membuat orang lain bahagia.
Jangan lupakan kedisiplinan kita sebagai seorang pribadi.Disiplin tidak selalu identik dengan keras dan kekrasan. Misalnya, ketika meminjam alat tulis atau barang milik teman biasakan minta izin terlebih dulu dan jangan lupa mengembalikannya. Perlakukan barang milik orang lain selayaknya barang kita sendiri. Artinya, biasakan menjaga barang milik orang lain, jangan sampai rusak. Dengan demikian, teman akan mempercayai kita. Ingat, nilai kepercayaan dari orang terdekat kita sangat berarti, meskipun hanya dari sebentuk hal kecil.


7.Memberi dan berbagi

Biasakan untuk memberi dan berbagi. Hal ini bisa dimulai dari hal yang sepele. Saat kita punya makanan kecil, paling tidak tawari teman kita (jangan pelit ya gan). Kalau toh makanannya sedikit, usahakan jangan makan di depan teman-teman kita. Sikap seperti ini menunjukkan bahwa kita peduli dengan sekeliling kita dan menjaga perasaan orang lain.


8.Jangan menguping pembicaraan

Jangan menguping pembicaraan teman. Meskipun kita merasa akrab dengan teman kita, kita tetap harus tahu dan menghargai batasan hal-hal yang bersifat pribadi. Ketika teman menerima telepon, usahakan jangan menyimak obrolannya supaya kita tidak dicap selalu pingin tahu urusan orang lain.


9.Bersikap care

Bersikap care saat teman sedang curhat. Simak ceritanya baik-baik dan pahami permasalahannya. Jangan cepat menyela pembicaraan teman atau nge-judge setiap permasalahan teman karena ini akan mengurangi kepercayaan teman terhadap kita dan membuatnya sakit hati. Meskipun kita tidak bisa memberikan solusi yang tepat, setidaknya kita menjadi pendengar yang baik. Dengan begitu, dia akan merasa bebannya berkurang dan dihargai sebagai teman.


10.Rendah hati

Biasakan rendah hati dan jangan terlalu membanggakan diri sendiri atau keluarga di setiap obrolan dengan teman. Memang wajar kalau kita merasa bangga dengan diri kita, tetapi kalau terlalu sering melakukannya kita akan dicap sombong dan tinggi hati. Akuilah dan hargailah kelebihan orang lain karena dengan begitu kita akan terbiasa berjiwa besar dan berlapang dada.


11.Jangan menampakkan expresi bete

Usahakan untuk tidak menampakkan ekspresi bete, suntuk dan tidak bersemangat di hadapan teman. Mimik seperti ini sangat tidak menyenangkan. Wajah ceria, dihiasi senyuman dan bersemangat sangat disukai orang. Kalu toh kita punya masalah, ajak sahabat atau orang terdekat untuk berbagi. Jangan sampai uring-uringan ke semua orang untuk melampiaskan kekesalan kita.
--Pada akhirnya semua kembali kepada kita sebagai individu. Apapun yang kita lakukan, jika kita melakukannya dengan baik, tulus dan tidak melanggar hukum-hukum atau etika sekitar kita. Yakin saja kita akan dihargai oleh lingkungan dan kita bisa disukai juga dalam pergaulan.
Jika ingin disukai, pahamilah apa yang kita sukai dan belajarlah menyukai yang orang sukai karena orang yang baik adalah orang yang menempatkan lidah di hatinya dan menjadikan hati sebagai lidahnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar